Adab Sebelum Makan

Bismillahirahmanirrahiim,
Assalamualaikkum Wr.wb

Selamat siang bor, entah kenapa hari ini tuh rasanya mau sekali kutak ketik di laptop, tapi entah apa yang mau saya tulis lah bingung juga :D hahaha.

sepertinya ada ide dalam pikirann atau otak saya yang sangat tumpul ini yang menyuruh saya untuk memberikan sedikit ilmu tentang bagaimana adab sebelum makan yang benar. oke kita lanjut saja pada basa-basi selanjutnya ya, nyimak nya jangan sambil mangap dong bor nanti gigi nya kedinginan :D hahaha.



jadi, adab sebelum makan tuh kalo menurut saya sih begini :


1. kita harus memperhatikan kebersihan terlebih dahulu, misalkan tangan kita sudah memegang kucing pasti lah tangan kita kotor, bener kan?? . ya jadi kita harus mencuci tangan kita supaya terhindar dari kuman penyakit,

2. nah, yang kedua kalo menurut saya tuh harus membaca doa dulu sebelum kita makan, karna takut nya ada setan yang mencuri makanan yang telah masuk kedalam perut kita, inti nya sih biar barokah gitu, jadi fix ya yang kedua ini membaca bismillahirrahmanirrahiim kemudian membaca doa makan :)

3. lalu yang ketiga ini hal yang sangat penting yang harus kamu perhatikan dengan kebersihan peralatan yang kita gunakan untuk makan tadi apakah bersih atau kotor karna telah di sentuh siluman ular piton?? :D hahaha, yaps jadi perhatikan kembali perlatan makan yang akan kita gunakan yaa :*

4. lanjut yang ke nomor yang ke 8. eh salah maksud ane tuh nomer 4 bor :D , ini juga hal yang sangat kita perhatikan sekali, kita lihat di mejikom punya kita, apakah disanan terdapat nasi atau tidak??, lah bingung kan mau makan apa kalo nanti nasi nya kagak ada?? :(( hhahaha, ane saranin deh minta ke tetangga ataupun ke sodara kamu yg rumahnya berdekatan dengan kamu, asalkan jangan maling aja nanti kamu di sangka SILUMAN BANGSAT SANGU :D,

5. lanjut ke tahap berikut nya ya, yang ke 5 adab sebelum makan tuh menurut saya jika di piring kamu tuh sudah terdapat nasi yang baik dan halal maka kamu harus memakan nya, masa nasi udah disiapin dengan susah payah minta ke tetangga mau ente buang juga, mubazir dongs bor :p hehehe, dan hati-hati juga bor makan tuh resapi dengan perlahan jangan tergesa-gesa nanti ente keselek langsung sekarat lah mau gimana ane nolongin nya :p ,

6. kemudian tahap yang ke enam nih sob, ente harus menghabiskan makanan itu jangan sampe ada yang tersisa walau hanya 1 buah nasi pun (remeh*dalam bahsa sunda), karna kalo kata orangtua mah kalo ninggalin 1 buah nasi setelah makan didalam piring, dia bakal ketinggal barokah yang diberikan oleh Allah SWT, dan juga bisa menghambat kamu mendapatkan jodoh hidup mu bor, lah kok gitu sih?? hahaha, ikuti aja dah saran dari ane sebelum ente mengalmi nya :D

7. setelah makanan ente habis dilahap jangan lupa deh ente untuk berdoa dan mengucap syukur atas kenikmatan yang telah Allah berikan kepada ente, begini nih doa sesudah makan
"Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin"

8. setelah makan jangan lupa ente minum bor nanti keselek dong ane yang ribet lah :D , dan ingat juga bor bahwa kalo kamu minum jangan lah sambil berdiri ataupun menynder ke tembok ya, untuk hadist nya silahkan ente cari sendiri di gugel ya :)

nah udah deh kayanya cukup segitu dulu aja ah ternyata cape juga nih jari udah saya lampiasin dengan menulis di blog yang insyaallah bermanfaat ini. udah yah bro sekian dan terimakasih semoga bermanfaat untuk kamu semua, insyaallah kafan-kafan mau sharing lagi lah ya :D , yoo selamati siang


Assalamualaikum Wr.Wb


Sumber Gambar (http://3.bp.blogspot.com/-Xdn58MFGJKw/T0mZGCZne3I/AAAAAAAAAaI/qslmeETXNnY/s1600/article-1214691-067EC706000005DC-909_468x293.jpg)

0 Comment "Adab Sebelum Makan"

Post a Comment