Jquery

JQuery adalah library Javascript yang dibuat untuk memudahkan pembuatan website dengan HTML yang berjalan di sisi Client. JQuery diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2006 di Barcamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL.
Sekarang JQuery dikembangkan oleh team developer yang dipimpin oleh Dave Metvin. Dipakai oleh lebih dari 55% dari 10.000 website yang paling sering dikunjungi. JQuery menjadi Library Javascript yang paling popular Sekarang.
Script JQuery  dibuat untuk memudahkan pengaturan document seperti menyeleksi object dengan element DOM dan membuat aplikasi dengan AJAX.  Jquery juga menyediakan layanan atau support  para developers untuk membuat plug-ins di dalam bahasa Javascript tentunya. Sehingga  memungkinkan para developer website membuat website lebih interaktif dengan animasi, efek – efek, tema dan widget. Dengan menggunakan JQuery kita bisa meluapkan kreatifitas untuk membuat website dinamis atau website aplikasi menjadi Wauw… :D
Microsoft dan Nokia telah mengumumkan akan mengemas JQuery di platform mereka. Microsoft awalnya mengadopsinya dalam Visual Studio  untuk digunakan dalam ASP.NET AJAX dan ASP.NET MVC Framework, sedangkan Nokia akan mengintegrasikannya dalam kerangka Web Run-Time mereka.
Beberapa Fitur yang ada di JQuery :
  1. Dalam Pemakaian menggunakan seleksi element DOM, sehingga website lebih dinamis  dan interaktif.
  2. JQuery bisa memanipulasi Class pada CSS dan Support CSS 3
  3. Event
  4. AJAX
  5. Efek-efek dan animasi
  6. Ekstensi dan Plug-ins
  7. Kompatibilitas dengan hampir semua Browser modern
  8. Keperluan lain seperti : User Agent, Feature detection dan lainnya
JQuery hanyalah 1 file yang berisi kode dalam Javascript tetapi bisa berisi banyak fitur seperti di atas. Sehingga cara menggunakaanya sangat mudah..
Kita panggil file JQuerynya terlebih dahulu.
<script type=”text/javascript” src=”jquery.js”></script>
<script type=”text/javascript”>
$(document).ready(function() {
// Kode Jquery anda tuliskan disini
});
</script>
Dan untuk pembahasan detailnya sabar ya.. bukan di artikel ini tempatnya…
Mungkin seperti itu yang bias saya tulis.. maaf jika ada kesalahan karena ini terjemahan langsung masih kurang saya dalam B.Inggris.. Semoga pembahasan mengenai JQuery ini bermanfaat.
Sekarang sudah terdapat sangat banyak sekali plug-ins JQuery, dan pasti teman-teman sudah tidak sabar memakainya.. selamat bersenang senang. Happy coding.. :D sumber(http://upyes.wordpress.com/2013/01/30/pengertian-jquery/)



0 Comment "Jquery"

Post a Comment